STANDAR PELAYANAN

 STANDAR PELAYANAN DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN SANGGAU

NO

KOMPONEN

URAIAN

1. Dasar Hukum –          Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian

–          Undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

2. Sarana dan Prasarana Ruang tunggu Outdoor dan Indoor, AC, Televisi, Air Mineral, Toilet, Ruang Ibu Menyusui, Pegangan Rambatan, Tempat Parkir dan Free Wi-Fi
3. Jumlah Pelaksana Petugas pelayanan 1 orang
4. Kompetensi Pelaksana –          Eselon IIb                   : 1 orang

–          Eselon IIIa                  : 1 orang

–          Eselon IIIb                  :  4 orang

–          Eselon IVa                  : 15 orang

–          Staf Golongan III       :  4 orang

–          Staf Golongan II        :  3 orang

–          Staf Golongan I          :  1 orang

 5. Pengawasan Internal APIP (Inspektorat)
6. Jaminan Pelayanan Unit Layanan Administrasi
7. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan Sistem bebas Calo
8. Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi kegiatan setiap 1 bulan

 

JENIS-JENIS STANDAR PELAYANAN DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN SANGGAU

1. BIDANG INDUSTRI

1.ADVOKASI

Fasilitasi legalitas dan Administrasi Industri Kecil Menengah (IKM)

  • Fasilitasi pengurusan sertifikasi halal
  • Fasilitasi pengujian uji laboratorium
  • Fasilitasai pegurusan HAKI
  • Fasilitasi pegurusan NPWP
  • Fasilitasi pengurusan SP-IRT

2. KONSELING

Fasilitasi Pendampingan IKM

  • Pendampingan pembuatan surat keterangan usaha
  • Pendampingan pembuatan SITU, SIUP, IUI
  • Pendampingan pembuatan IUMK

3. DIAGNOSIS

  • Pendampingan dalam penerapan mutu IKM (Gugus Kendali Mutu)
  • Melakukan diagnosis permasalahan IKM

4. EDUKASI

  • Memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pameran bagi pelaku IKM (IKMers)

5. INTERVENSI

Membentuk Kelompok Usaha (KUB)

  • Pendampingan pembuatan IUMK

6. PROMOSI

Fasilitasi Promosi dan Gruping

  • Memasukan produk IKM ke dalam listing on-line (e-commerce)
  • Memfasilitasi penjualan produk IKM melalui Dekranasda

2. BIDANG PERDAGANGAN

  • Rekomendasi Distributor Pupuk Bersubsidi.
  • Pelayanan Metrologi Legal (Tera-Tera Ulang).
  • Pelayanan rekomendasi angka pengenal importir (API)
  • Pelayanan Rekomendasi Perizinan SIUP, TDP dan IUTM.
  • Rekomendasi Export-Import
  • Pelayanan Permohonan SKP-LA (Peredaran Minuman Beralkohol Golongan A)
  • Pelayanan rekomendasi angka pengenal importir (API)

3. BIDANG PASAR

1. Informasi Sembako

  • Monitor perkembangan harga dan kebutuhan pokok dan barang penting lainnya.

2. Penataan

  • Pembinaan pedagang kreatif lapangan (PKL) dan pedagang asongan.

3. Retribusi

  • Pembayaran biaya retribusi pemanfaatan bangunan pasar milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

4. BIDANG KOPERASI DAN USAHA MIKRO

Administrasi

  • Rekomendasi pendirian/ pembentukan koperasi dan pengesahan badan hukum koperasi
  • Rekomendasi pembukaan kantor cabang
  • Rekomendasi izin usaha simpan pinjam